Kamis, 10 November 2011

PANEL KONTROL LISTRIK
Selain pelatihan PLC, kami juga memberikan pelatihan kelistrikan lainnya, salah satunya yang pelatihan Panel Kontrol Listrik.
 Rangkaian kontrol dalam kontrol ini berisikan peralatan-peralatan listrik seperti relay, kontaktor, MCB, TOLR, dan lainnya yang digunakan untuk mengontrol suatu proses kendali mesin. Selain itu, peserta pelatihan akan diberikan juga materi tentang motor listrik.

 Seperti yang diketahui, bahwa motor listrik merupakan alat yang merubah tenaga listrik menjadi energy putar. Energy putar inilah yang digunakan sebagai penggerak mekanik di suatu pergerakan. Motor ini merupakan ‘jantung’ dari sistem pergerakan mekanik di suatu mesin. Kenapa di katakana ‘jantung’ ? Karena sistem pneumatic dan hidraulik yang banyak digunakan untuk melakukan proses mekanik memerlukan suatu power untuk melakukan proses tersebut. Misalnya pneumatic, memerlukan motor listrik yang digunakan untuk menggerakan pompa compressor yang digunakan untuk menghasilkan sumber tekanan angin, sistem hidraulik memerlukan motor hidraulik yang digunakan untuk menghasilkan pressure/ tekanan hidraulik.
 Maka dari itu perlu penguasaan Sistem kontrol motor listrik agar motor listrik tersebut dapat beroperasi dengan baik dan normal.











 Materi pelatihan yang diberikan adalah sebagai berikut
Pengetahuan panel kontrol listrik
Rangkaian Panel kontrol listrik yang digunakan untuk mengoperasikan suatu mesin
Pengetahuan motor listrik
Konsep dan alasan metode starter motor listrik / metode sistem kontrol listrik
metode operasi starter.
Diagram wiring starter motor.
Menghubungkan strater dan stop-start.
Trouble shotting starter motor.
Yang utama dalam pelatihan ini adalah peserta pelatihan akan mampu dalam membuat dan memperbaiki rangkaian kontrol listrik terhadap suatu mesin dengan menggunakan relay-relai magnetik dan rangkaian kontrol suatu motor listrik. Rangkaian kontrol yang sering digunakan untuk mengontrol motor listrik tersebut diantaranya :
Rangkaian DOL ( Direct On Line )
Rangkain Motor yang dikendalikan dari 2 tempat
Rangkaian Motor yang dikendalikan secara berurutan
Rangkaian motor reverse forward Rangkaian star delta / bintang segitiga secara manual
Rangkaian star delta / bintang segitiga secara otomatis
Rangkain pengendali motor 2 kecepatan
Rangkaian pengendali motor 2 kecepatan yang di start dengan rangkain star delta.
Para peserta pelatihan akan diberikan teori dan praktek secara langsung rangkaian kontrol motor listrik serta rangkaian untuk mengontrol suatu proses / mesin dengan menggunakan miniatur mesin yang terdapat di tempat pelatihan. Tujuan dari pelatihan ini para peserta akan mampu merencanakan, membuat, melakukan preventive, dan memperbaiki rangkaian kontrol pada suatu mesin ataupun yang mengontrol suatu motor listrik. @copyright 2011 Kursus PLC | Pelatihan PLC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar